Sandi : Koordinat

Daftar Isi : [Tampil]

1. Pengertian

Salah satu Sandi yang akan kita pelajari dalam kepramukaan adalah Sandi Koordinat. Koordinat Cartesius adalah sistem koordinat yang memuat angka-angka tertentu di setiap bidangnya yang ditulis dalam bentuk (x,y). Teori ini ditemukan oleh seorang ahli Matematika asal Prancis, yaitu Rene Descartes. Ciri utama koordinat Cartesius adalah adanya dua garis tegak lurus yang saling berpotongan di suatu titik. Kedua garis tersebut dinamakan sebagai sumbu koordinat.

Prinsip yang sama berlaku pada sandi koordinat ini. Dengan memanfaatkan perpotongan sumbu x dan y serta deret alfabet, sandi ini menjadi salah satu materi teknik kepramukaan yang menarik untuk dipecahkan.

2. Cara Memecahkan Sandi

Untuk mengerjakan Sandi Koordinat, diperlukan 2 kata yang masing-masing kata terdiri dari 5 huruf, misalnya "MERAH" dan "PUTIH", "HIDUP" dan "SEHAT", "GUDEP" dan "SETIA", "BUNGA" dan "MERAH", dan lain-lain. Sebaiknya pastikan tidak terdapat huruf yang sama pada dua kata kunci yang dipilih. 

Untuk contoh sandi koordinat berikut, kata kuncinya adalah "BUNGA" dan "MERAH". Maka untuk pembuatan tabel kuncinya, kata "BUNGA" menjadi judul kolom dan kata "MERAH" menjadi judul baris.


Cara memecahkan sandi koordinat adalah dengan menggabungkan pertemuan kolom dan baris pada tabel, Misalnya pertemuan huruf B pada kolom dan huruf M pada baris adalah huruf A, pertemuan huruf U pada kolom dan huruf M pada baris adalah huruf B.

3. Kunci Sandi Koordinat

Berikut adalah kunci sandi koordinat berdasarkan tabel "BUNGA MERAH".


4. Contoh Soal Sandi Koordinat :

PRAMUKA SELALU RIANG DAN GEMBIRA

P R A M U K A
BA NA BM NR BH BR BM

S E L A L U
GA AM UR BM UR BH

R I A N G
NA GE BM GR UE

D A N
GM BM GR

G E M B I R A
UE AM NR UM GE NA BM

Post a Comment

Previous Post Next Post